085725005665 085725005665 085725005665

INVESTASI UNTUK MASA DEPAN LEBIH MENJANJIKAN

Monday, September 11th 2017.

INVESTASI UNTUK MASA DEPAN – Banyak orang yang sering berkata investasi, namun banyak juga yang belum memahami apa itu investasi. Begitu mudah diucapkan namun begitu sulit untuk dilakukan. Investasi menjadi bagian yang tak boleh kita kesampingkan. Mengingat banyak sekali keuntungan yang akan kita raup dari sebuah investasi. Investasi harusnya menjadi sebuah tindakan nyata yang harus kita lakukan. Daripada bergaya hidup konsumerisme yang hanya menghadirkan kesenangan sesaat namun tidak menguntungkan di masa depan.

INVESTASI UNTUK MASA DEPAN LEBIH MENJANJIKAN

Investasi Tanah

Indonesia dengan jumlah penduduk yang sangat padat membuat lapangan pekerjaan semakin sedikit karena ketatnya persaingan. Belum lagi pertumbuhan penduduk yang sangat cepat di nusantara ini. Sehingga bisa dipastikan kebutuhan rumah dan tanah akan semakin banyak. Di sinilah letak dari pentingnya investasi. Tak ada kata terlambat dalam berinvestasi. Baik untuk anak muda, paruh baya, atau tua sekalipun. Tentu anda sudah bisa menangkap ke mana arah dari pembahasan ini. Ya benar, intinya adalah mari berinvestasi selagi masih ada rejeki.

Sebuah kisah inspiratif datang dari seorang pegawai BUMN. Ketika dia memiliki gaji yang lebih dari cukup dari kebutuhan sehari-hari, dia menyisihkan uangnya untuk disimpan. Setelah beberapa bulan disimpan, dia memiliki tabungan yang lumayan banyak. 100 juta dia miliki dan disimpan di bank. Suatu hari datang seorang teman yang ingin menjual sawahnya dengan alasan membutuhkan uang untuk operasi. Dan saat itu sang pegawai BUMN mengatakan bahwa ia hanya memiliki uang 100 juta.

Singkat cerita sawah itu pun dibeli dengan harga 100 juta. 1 tahun kemudian sawah yang dibeli oleh pegawai BUMN tersebut akan didirikan sebuah pabrik garmen. Suatu malam ia didatangi oleh utusan dari pabrik tersebut agar sawahnya dijual. Dengan enteng beliau menjawab, saya belum membutuhkan uang itu. Kemudian delegasi pabrik tersebut menawar dengan harga 350 juta. Kentungan 250 juta dalam satu tahun sudah di depan mata. Tapi dia tidak mau melepas dengan harga itu. Akhirnya deal di harga 400 juta. Begitulah cerita betapa mudahnya kita memanfaatkan peluang. Begitu mudah harga naik ketika kebutuhan sawah dan tanah semakin tinggi.

Dari cerita di atas jelas bahwa apa yang kita punya berupa tanah, sawah, dan rumah akan sangat menjanjikan di masa depan. Tanpa perlu repot-repot, anda sudah bisa meraup keuntungan dalam jangka waktu yang relatif singkat. Bayangkan saja anda punya beberapa tanah dan sawah sebagai tabungan. Suatu saat apa yang anda miliki akan sangat berguna untuk anda ataupun anak-anak anda.

Apa Itu Investasi?

Pengertian investasi memang sangat luas, dan pengertian itu tergantung dengan konteksnya. Namun secara umum Pengertian investasi adalah melakukan sesuatu (dalam konteks seluas-luasnya) di saat sekarang dengan harapan/tujuan mendapatkan manfaat atau keuntungan di masa mendatang. Investasi bisa berwujud apa saja yang menguntungkan di masa mendatang. Namun dalam hal ini saya lebih condong ke sektor riil. Kembali ke peRtumbuhan penduduk, maka investasi yang relevan dengan itu adalah investasi tanah, sawah, atau rumah. Ada dua alasan utama mengapa kita harus berinvestasi di sektor riil (lahan, tanah, dan rumah). Yaitu sebagai berikut :

  1. Kebutuhan akan rumah tinggal akan semakin besar dari tahun ke tahun. Mengingat pertumbuhan keluarga baru juga sangat cepat. Setiap keluarga tentu menginginkan kemerdekaan (hidup mandiri bersama pasangan) tanpa embel-embel ikut mertua atau saudara. Tentu investasi tanah atau rumah akan sangat menguntungkan di masa mendatang. Karena kebutuhan akan tanah kosong atau rumah semakin tinggi dan harga semakin mahal.
  2. Kebutuhan lapangan pekerjaan akan semakin banyak. Saat ini khususnya di Jawa Tengah sudah berdiri puluhan bahkan ratusan pabrik baru. Tujuannya adalah untuk membuka kesempatan kerja bagi masyarakat di daerah. Dan juga karena mahalnya “gaji” karyawan pabrik di JABODETABEK. Tentu sebuah perusahaan akan mendirikan bangunan baru di lokasi baru. Dan tidak ada lahan yang tepat untuk dibangun kecuali sawah/persawahan di daerah. Untuk itu harga tanah/sawah di daerah harganya semakin melejit bak rudal balistik.
  3. Investasi untuk anak dan cucu. Pernahkah anda berpikir apa yang bisa kita berikan untuk anak dan cucu kita? Apakah kita ingin melihat anak cucu kita hidup susah sepeninggal kita? Tentunya tidak. Karena bagaimana pun tak ada orang tua yang rela keturunannya menderita. Banyak orang tua kaya raya, mereka hidup berfoya-foya. Namun mereka lupa dengan masa depan anaknya. Dan ketika mereka sudah meninggal, tak sempat membelikan rumah atau tanah untuk anak cucunya kelak. Walhasil anak cucunya justru hidup menderita tanpa satupun aset yang ditinggalkan. Nah salah satu solusi untuk hal tersebut adalah dengan cara investasi. Entah kita atau anak cucu kita nanti yang akan menikmati. Yang jelas membeli properti berupa lahan, tanah, sawah atau rumah sangat bermanfaat untuk sekarang dan nanti.

Apa Saja Wujud Investasi?

Nah menuju ke segmen kedua, sekarang apa wujud investasi yang baik dilakukan? Tentunya ini sesuai dengan passion dan kecenderungan dari anda. Tetapi bisa saya gambarkan sedikit tentang wujud investasi saat ini. Nilainya bisa berwujud materi bisa juga berwujud ilmu. Pastinya semuanya bermanfaat di masa mendatang. Simaklah beberapa wujud investasi yang sering kita jumpai :

  • Seorang webmaster mungkin berkata: ” Ayo kita investasi bikin website. Nanti kalau websitenya mulai banyak pengunjung bisa dapat uang dari pemasang iklan”
  • Pedagang emas mungkin berkata: “ Sebaiknya anda berinvestasi dengan membeli emas, sehingga anda terhindar dari gejolak nilai tukar rupiah”
  • Seorang pedagang antik mungkin berkata: “Anda bisa mengkoleksi barang-barang kuno di toko kami, untuk investasi anda”.
  • Seorang bankir mungkin berkata : “Deposito di bank kami memiliki tingkat suku yang lebih menarik dibandingkan dengan bank lain. Disamping itu bank kami juga memiliki reksadana saham, reksadana pendapatan tetap dan reksadana pasar uang”. Kami akan membantu investasi dana bapak dengan lebih baik.
  • Seorang yang menggeluti Multi Level Marketing (MLM) mungkin berkata : “Dalam menjalankan bisnis ini, kita berinvestasi dengan orang. ”
  • Seorang pengusaha mungkin berkata: “Saya sudah investasikan banyak uang saya di bisnis ini”
  • Seorang akademisi mungkin berkata :”Saya berinvestasi dengan pendidikan. Saya akan melanjutkan kuliah ke jenjang S3”
  • Seorang ibu rumah tangga mungkin berkata begini: “Saya akan sekolahkan anak-anak saya ke sekolah unggulan. Saya akan kuliahkan anak-anak saya keluar negeri. Investasi pendidikan penting buat masa depan anak-anak saya.”
  • Seorang agen properti mungkin berkata: “Kami punya beberapa vila di Puncak dan beberapa ruko di Mangga Dua. Bagus untuk investasi anda”
  • Seorang ayah mungkin berkata : “Saya ingin membeli sebidang tanah di daerah dekat pantai. Bagus untuk investasi”

Sebagai manusia tentu sah-sah saja kita memilih investasi apa yang akan kita lakukan. Namun yang jelas-jelas sangat nyata menguntungkan adalah dua wujud investasi  terakhir, yaitu investasi properti dan tanah.  Alasannya sangat sederhana, karena keduanya tidak akan mungkin turun harga. Bayangkan saja jika anda saat ini membeli tanah dengan harga 300 juta. Lalu 1 tahun kemudian harganya akan naik menjadi 400-500 juta. Sudah berapa keuntungan yang akan anda terima? 100-200 juta dalam satu tahun. Hal itu sangat mungkin bisa baik berkali lipat jika di sekitar tanah milik anda telah berdiri berbagai macam pabrik, puskesmas, sekolah, dan pusat keramaian lainnya. Bayangkan saja uang yang anda punya menjadi lahan keuntungan untuk masa depan. Kalau pun tidak dijual tanah yang sudah anda beli akan diwariskan kepada anak cucu anda.

JUAL BELI TANAH memang sangat menguntungkan jika tanah yang anda beli sangat potensial. Artinya tidak harus di koa besar, bahkan di kota kecil seperti klaten pun bisa sangat potensial. Mengingat semakin banyaknya jumlah penduduk dan pabrik-pabrik sudah bersiap berdiri.

Pentingnya Investasi Tanah, Sawah, dan Rumah ( Properti)

Nah di segmen ini, kita akan membahas tentang pentingnya investasi properti (tanah, sawah, rumah). Suka tidak suka, kita akan mengalami penuaan. Di saat itulah tenaga dan kesehatan kita mulai menurun. Nah disinilah peran penting dari investasi. Jika anda semasa muda atau produktif sudah berinvestasi, maka di masa tua akan sangat membantu anda. Berikut ini beberapa alasan pentingnya investasi properti (tanah, rumah, dan sawah) :

  • Fisik tidak selamanya sehat dan kuat untuk bekerja. Sehingga properti yang sudah kita beli bisa dijual lagi dengan harga yang lebih mahal daripada pembelian.
  • Harga semakin naik untuk properti. Misalnya tanah, sawah, dan rumah yang dulu kita beli akan dihargai mahal beberapa waktu setelahnya. Baik jangka panjang maupun pendek.
  • Dibutuhkan dana cadangan untuk mengantisipasi keadaan darurat. Ketika anda sakit atau didesak kebutuhan mendesak dengan dana yang banyak, maka properti yang anda miliki bisa menjadi pemecah masalah tersebut. Jual saja properti yang anda miliki tentunya dengan harga yang lebih menguntungkan.

Begitulah betapa pentingnya investasi bagi kita. Marilah kita budayakan berpikir maju. Karena investasi merupakan langkah mudah dan nyata yang bisa kita lakukan. Sudah saatnya kita simpan kekayaan dengan wujud nyata (bukan uang). Karena ada yang lebih menjanjikan daripada sekedar menyimpan uang di bank. Investasi tanah, sawah, dan rumah sangat bermanfaat untuk masa sekarang apalagi masa mendatang. Sebelum terlambat marilah kita siapkan investasi untuk masa depan.

Uang yang kita miliki saat ini memang cukup. Namun akan lebih baik lagi jika diwujudkan untuk membeli tanah, sawah, atau rumah. Karena harga properti menunjukkan grafik yang terus menanjak. Jarang sekali harga sawah, tanah, dan rumah turun. Karena memang komoditi properti sangat menjanjikan di masa sekarang dan nanti. Selain bisa dijual lagi, bisa juga untuk kebutuhan lain. MIsalnya untuk dibangun ruko, klinik, atau rumah untuk disewakan.

Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa mengubah pola pikir anda menjadi seorang yang berpikir ke depan dan tidak bergaya konsumtif. Karena konsumtif hanya membuat kita rugi dan menyesal. Gunakan uang anda untuk hal-hal yang jauh lebih bermanfaat.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)

FJB Tanah Sawah Klaten

Facebook By Weblizar Powered By Weblizar